Senin, 05 September 2011

Pentingnya Suatu Inovasi Dari Pemuda


Pentingnya Suatu Inovasi Dari Pemuda
Inovasi Adalah suatu pemikiran kreatif kritis yang berbuah suatu tindakan, cara, atau barang yang baru yang akan berguna bagi masyarakat di suatu daerah tersebut. Inovasi merupakan suatu hal yang sangat diperlukan ketika timbul suatu permasalahan, entah itu tentang ilmu social atau eksak. Biasanya pemikiran yang berbuah suatu inovasi ini bisa diperoleh atau didapat ketika menyelami suatu permasalahan yang sedang terjadi di tengah masyarakat atau malah yang sedang tidak dipikirkan oleh masyarakat. Adanya suatu inovasi ini karena ada desakan secfara implicit terhadap suatu permasalahan. Bagaimana suatu inovasi ini akhirnya ada bias berawal dari keingintahuan manusia mengenai suatu alat atau cara alternativ untuk suasu permasalahan, misalkan bagaimana caranya membersihkan debu yang cepat dan tidak mengganggu pernafasan? Maka dari itu terciptalah mesin  vacum cleaner atau bagaimana caranya mengeringkan rambut dengan cepat? Terciptalah hair dryer. Lahirnya suatu inovasi bisa dari rasa keingintahuan,ketidaksukaan dan kesukaan lalu masih banyak masalah lain yang mendorong manusia untuk berinovasi sehingga suatu inovasi bisa muncul darimana saja,kapan saja oleh siapa saja.
Dewasa ini, inovasi menjadi budaya kerja yang mulai di galakkan di Negara-negara maju misalkan jepang. Hampir setiap bulannya selalu berinovasi dengan peralatan elektronik dan mobil yang menciptakan berbagai alat elektronik yang memudahkan kebutuhan manusia akan elektronik dan entertainment lalu mobil yang futuristic yang harapannya akan mempermudah dan member kenyamanan bagi pengendara di masa depan. Lalu Indonesia sendiri mulai menggalakkan budaya ini sejak kepemimpinan presiden B.J Habibie yang menginspirasi rakyat Indonesia pada saat itu untuk memproduksi pesawat dalam negeri, akan tetapi Karena permainan politik pada waktu itu, sehingga tidak bisa bertahan sampai sekarang. saat ini sudah banyak masyarakat dari berbagai elemen mulai berinovasi mulai dari pemuda hingga para orang tua.
Bicara tentang pemuda, menurut Undang-Undang No. 40 tahun 2009 pemuda adalah warga Negara republic Indonesia entah itu laki-laki maupun perempuan yang berumur 16-30 tahun. Pemuda mempunyai peran penting dalam kehidupan bermasyarakat sejak dahulu hingga sekarang. mereka merupakan barometer moral kehidupan berbangsa dan bernegara. Pemuda dianggap memiliki pemikiran fresh tentang penyelesaian masalah bangsa dan mempunyai sense of other yang tinggi. Banyak dari kalangan pemuda yang sudah berinovasi dan menciptakan temuan-temuan yang merupakan solusi dari masalah saat ini. Slamet budi cahyono, adalah salah satu mahasiswa berprestasi universitas brawijaya yang mengkombinasikan rumput laut sebagai substitusi terigu dalam pembuatan mie, pemuda lainnya adalah zulfikar syam bahni ulhaq yang merupakan penemu termuda dibidang kedokteran dan masih banyak lagi dari kaum pemuda yang berperan dalam terciptanya inovasi dalam negeri ini.
Tahun  2011 tercatat 103 inovasi dari masyarakat Indonesia, tentunya ini pun tidak lepas dari peran pemuda sebagai inovator, akan tetapi tidak jarang dari pemuda pemuda tersebut menjadi plagiator. Menggunakan ide guru atau dosen, mengulangi ide yang sudah ada untuk kompetisi lain, mengambil proposal dosen bahkan skripsi dosen. Hal yang demikian bisa saja terjadi mengingat pemuda merupakan manusia yang tergolong labil.
Inovasi yang dilakukan pemuda merupakan hal yang sangat dibutuhkan karena, pemikiran yang jernih yang berdampak jangka panjang dari suatu ide brilian bias muncul dari pemuda. Sehingga seharusnya budaya berinovasi juga harus diterapkan di berbagai sector sesuai dengan konsentrasi yang dijalani pemuda tersebut atau bahkan out of race dari apa yang telah dipelajari oleh pemuda tersebut. Melalui berbagai komunitas, pemuda bisa berkarya dengan leluasa. Kementrian Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia mewadahi di berbagai kompetisi bagi para pemuda yang mau berinovasi. Pemuda memiliki kebebasan untuk berkarya tetapi disertai rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri, terhadap masyarakat, bangsa dan Negara serta terhadap Tuhan Yang maha Esa.
Pemuda merupakan barometer perjalanan dari suatu bangsa. Berinovasi merupakan suatu hal yang mulia untuk masyarakat. Pemuda yang mampu dan mau bertanggungjawab atas inovasinya sehingga bermanfaat untuk bangsa adalah pemuda yang sesungguhnya, karena dengan kita berbicara dengan bahasa karya  dari suatu inovasi akan lebih dihargai daripada sekedar bersuara di jalanan.
“Satu pemuda satu karya, Indonesia jaya!”
– S.Budi Cahyono , Ketua II Masyarakat Ilmiah Pemuda Indonesia

Pemuda Untuk Negeri
06 September 2011
Mief Qur’anin S.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar