Rabu, 14 September 2011

Peran Pemuda Untuk Masa Depan Kita !!!

Berkata tentang pemuda, maka kita akan selalu teringat akan seorang mahahasiswa. Karena Indonesia mengenal pemuda saat ini dengan para mahasiswa yang berada dikampus ataupun yang berada pada perguruan tinggi. Tapi tidak menutup kemungkinan ketika berbicara mengenai pemuda maka kita hanya mengatakan para pemuda adalah dari kalangan mahasiswa, karena seseorang yang telah berumur 17 hingga 30 tahun masih bisa dikatakan sebagai seorang pemuda meskipun ia sedang tidak menempuh bangku perkuliahan atau menjadi seorang mahasiswa.
Akan tetapi bukan itu menjadi inti dari peran pemuda. Pemuda memiliki peran yang sangat signifikan bagi semuanya, karena dari pemuda akan berdampak pada diri mereka sendiri, lingkungan keluarga dan sekitar, bahkan berlandaskan dari para pemuda saat ini akan berdampak pada negara dan dunia kedepannya. Karena para  pemuda adalah bibit pembaharu yang akan tumbuh dimasa depan dan kemudian  akan memberikan dampak pada sekitarnya. "Pemuda Hari Ini, Pemimpin Masa Depan", ya, ini adalah slogan yang tepat bagi semua orang yang ingin mengetahui apa dan bagaimana peran pemuda itu. Pemuda adalah bibit pemimpin dimasa depan, entah itu memimpin diri sendiri, keluarga, lingkungannya, bahkan pemuda saat ini bisa saja memimpin negara yang kita cintai dimasa depan.
Pemuda sebagai salah satu pilar “civil society” yang terdidik, secara kodratnya  memiliki tanggung jawab moral untuk membawa masyarakat ke alam kehidupan yang lebih baik dan demokratis. Secara rasional tidak bisa dipungkiri bahwa pemuda  adalah penerjemah dan pencari solusi atas merebaknya kegelisahan sosial yang ada dimasyarakat.
Namun, menjadi seorang pemuda tidak segampang pandangan orang saat ini, karena kepada para pemudalah terdapat masa depan sebuah bangsa. Pemuda diharapkan dapat membawa negara beserta isinya menuju kearah yang lebih baik, menuju kearah kesejahteraan yang dinanti oleh bangsa negaranya. Karena dipundak pemuda saat inilah kita hanya berharap.
Namun, kita tidak hanya bisa berharap begitu saja, kita juga harus turut berperan aktif dalam mempersiapkan pemuda hari untuk dapat mempertanggungjawabkan perannya dimasa depan. Kita tidak boleh hanya berpangku tangan menunggu para pemuda bergerak dan mempersiapkan semua bekalnya sendiri, tapi kita semua juga beratnggungjawab akan hal itu. Kita harus bisa mempersiapkan bahkan mengarahakan pemuda pada hal-hal yang kita harapkan nantinya. Karena, pemuda hari ini adalah gambaran pemuda dikemudian hari. Jika kita hanya melepas begitu saja pemuda hari ini dalam ke-egoisan dan membiarkan mereka menjadi apatis terhadap nengaranya, maka dapat dipastikan negara 20 hingga 30 tahun mendatang akan diisi oleh para pemimpin yang apatis dan egois terhadap negaranya.
Maka dari itu, kita harus bisa sadar terlebih dahulu akan pentingnya peran pemuda dimasa depan. Bahwa para pemuda saat ini akan menjadi nahkoda yang akan mengarahkan kemana arah yang akan kita tuju nantinya. Kemudian menjadi tanggungjawab kita untuk dapat menyadarkan tentang betapa pentingya peran pemuda saat ini dimasa depan bagi bangsa dan negaranya.
Jangan sampai para pemuda menjadi apatis dan egois terhadap bangsa dan negara bahkan diri mereka sendiri. Kita harus dapat membentuk idealisme dari para pemuda agar lebih peduli terhadap masa depan bangsanya. Idealisme mereka harus kuat dan jelas, yaitu membawa bangsa dan negara kearah yang lebih baik dan sejahtera. Peran pemuda sangat dibutuhkan, bukan hari ini, tapi dimasa depan. Tapi yang perlu dilakukan oleh para pemuda hari ini adalah mempersiapkan sedini mungkin apa sekiranya mereka perlukan dimasa depan. Semoga nantinya kita dapat melihat para pemuda dapat menjalankan perannya dengan baik dan benar. Pemuda Hari Ini, Pemimpin Masa Depan.

Bayu Rizky Aditya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar